Kamis, 12 Mei 2016

Cara Menyetel Campuran Idle Karburator Motor

Cara Menyetel Campuran Idle Karburator Motor - Waktu berhenti menanti lampu merah, kerap menjumpai motor yang nada mesin tak stationer. Seperti setelan karburator tak stationer atau tak idle. Butuh di ketahui yang menjelaskan umumnya sepedamotor memakai karburator, penyetelan kombinasi bahan bakar serta hawa selanjutnya system idle belum maksimal.

Penyetelan karburator yang dikerjakan dengan bengkel umumnya cuma berdasar pada perasaan serta rutinitas saja. Dapat pula berdasar pada feeling si mekanik. Walau sebenarnya selanjutnya sebenarnya keadaan tiap-tiap sepedamotor banyak tidak sama namun, menyetelnya diperlakukan serupa maka akhirnya belum maksimal dan mengkonsumsi bahan bakar condong unggul boros serta kinerja motor belum prima. Penyetelan yang sekian terdapat peluang dikarenakan besutan ketidaktahuan konstruksi serta langkah kerja karburator.

Contoh pemakaian karburator vakum ada selanjutnya karburator satria FU. Selanjutnya prinsipnya, langkah kerja karburator vakum oleh karburator skep merupakan serupa.



Selanjutnya gambar itu, yang bertanda warna biru (aliran hawa), merah (bahan bakar), ungu (kombinasi bahan bakar serta hawa). Selanjutnya konstruksi karburator vakum di atas, bensin selanjutnya waktu idle/stasioner cuma lewat saluran idle port. Kepada bisa mengubah komposisi/perbandingan kombinasi bahan bakar cuma bisa dikerjakan lewat memutar tempat idle mixture screw.

Apabila skrup angin karburator (idle mixture screw) diputar ke kanan jadi jumlah hawa yang bakal digabung oleh bahan bakar yang lewat pilot jet bakal menyusut, kombinasi bakal jadi makin gemuk (keunggulan bensin) yang bakal menyebabkan emisi gas buang berbentuk karbon monoksida (CO) jadi besar atau sepeda motor jadi boros.

Apabila skrup angin karburator (idle mixture screw) diputar ke kiri jadi jumlah hawa yang bakal digabung oleh bahan bakar yang lewat pilot jet bakal jadi tambah, kombinasi bakal jadi makin kurus atau miskin (kekurangan bensin) yang bakal menyebabkan emisi gas buang berbentuk karbon monoksida (CO) jadi kecil atau sepeda motor jadi hemat serta mesin cepat panas.

Langkah atur kombinasi bahan bakar bensin serta hawa selanjutnya karburator.

  • Sebelumnya lakukan penyetelan kombinasi bahan bakar serta hawa selanjutnya karburator, baiknya kerjakan langkah di bawah ini ;
  • Panasi mesin hingga meraih temperatur kerja (lumayan hidupkan mesin 5 menit saja)
  • Panasi alat penguji tes emisi gas buang/multi gas analyzer
  • Pasangkan tachometer selanjutnya kabel tegangan tetras yang menuju busi.
  • Selain itu ikuti langkah menyetel karburator motor di bawah ini ;
  • Matikan mesin
  • Putar idle mixture screw masuk penuh/putar kanan serta mengeluarkan sekali lagi belum unggul 2 putaran.
  • Hidupkan mesin kembali.

Baca putaran mesin baru-baru ini.

Setel putaran mesin hingga oleh 1400 rpm oleh langkah memutar skrup no 10 (throtle stop), apabila putaran sangat rendah putar skrup ke arah kanan serta demikian sebaliknya hingga diperoleh putaran 1400 rpm (saksikan tachometer).
Putar sedikit untuk sedikit idle mixture screw kearah keluar, jadi putaran mesin bakal naik, turunkan putaran sekali lagi oleh memutar throtle stop kekiri hingga diperoleh putaran kembali pada 1400 rpm. Kerjakan ini berulang serta bertahap hingga putaran mesin tak naik sekali lagi.

Kerjakan pengujian emisi gas buang oleh langkah memasukkan probe/slang uji selanjutnya ujung knapot hingga sedalam mungkin saja.
Baca berukuran emisi gas buang (CO = 1, 25 persen s/d 1. 50 persen), apabila tak sesuai sama putar sekali lagi pilot air screw (kekanan nilai CO jadi unggul besar, kekiri nilai CO mengecil).

Silahkan Baca juga : Cara Setting Air Screw Motor Satria FU 150

Jika selanjutnya waktu menyetel tak mempunyai multi gas analyzer jadi kerjakan hingga oleh langkah no 6 saja, sebab apabila prosedur penyetelan ini dikerjakan jadi hasil penyetelan tak bakal menyimpang jauh besutan yang diinginkan.

Dalam atur karburator motor, apabila tak memiliki tachometer, dapat lihat oleh rpm mtr. yang terdapat di panel berita motor (dekat spedometer). Saya sendiri unggul sukai apabila atur karburator selanjutnya tempat idle di putaran 1200 – 1300 rpm.

Tanda-tanda setelan karburator motor sudah benar dapat dipandang selanjutnya warna busi motor. Warna kepala busi yang merah bata memberikan atur kombinasi idle karburator sudah pas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar